Trinada - Dasar Akord - Harmoni - Teori Musik

TRINADA

Setelah anda mengenal dan memahami interval nada, apabila anda ingin memahami harmoni lebih lanjut, anda harus meahami Trinada.

Arti Trinada/Triad
Dasar/bagian terkecil dari akord yang terdiri dari tiga nada, yaitu nada dasar, nada tert/nada ke- 3 (dalam teori interval adalah perhitungan jarak 3) dan kwint/nada ke-5.
Contoh:
C - E - G,
D - F - A,
A - Cis - E,
Bes - D - F, dsb.

Macam Trinada Menurut Sifatnya
1. Trinada Mayor
Dibentuk oleh nada dasar, tert mayor (nilai jarak 2) dan kwint perfec (nilai jaraknya 3 1/2 bila dihitung dari nada dasar)--- nilai jaraknya 2 - 3 1/2 atau 2 - 1 1/2 (1 1/2 dihitung dari nada tert ke nada kwint)
2. Trinada Minor
Dibentuk oleh nada dasar, tert minor (nilai jarak 1 1/2) dan kwint perfeck (nilai jarak 3 1/2)--- nilai jaraknya 1 1/2 - 3 1/2 atau 1 1/2 - 2 ( 2 dihitung dari nada tert ke nada kwint)

Contoh Soal 1:

- Trinada apakah C - E - G ?
Untuk menjawabnya anda harus mencari nilai jarak antara nada C ke E dan nilai jarak antara E ke G. Nilai jarak C - D = 2 ( C - D = 1, D - E = 1).
Nilai jarak E - G = 1 1/2 (E - F = 1/2, F - G = 1)
Berarti nilai jarak ketiga nadanya 2 - 1 1/2.
Jadi trinada C - E - G adalah trinada Mayor, karena nada dasarnya adalah C, maka nama trinadanya adalah: C mayor atau C (c ditulis dengan huruf besar)

- Trinada apakah C - Es - G ?
Untuk menjawabnya anda juga harus mencari nilai jarak antara nada C ke Es dan nilai jarak Es ke G. Nilai jarak C - Es = 1 1/2 (C - D = 1, D - Es = 1/2 karena nada Es adalah nada E yang mendapat tanda mol/diturunkan 1/2 laras)
Nilai Jarak Es - G = 2 (Es - F = 1, F - G = 1)
Jadi nilai jaraknya: 1 1/2 - 2.
Jadi trinada C - Es - G adalah trinada Minor. karena nada dasarnya C, maka nama trinadanya adalah: C minor atau Cm (C ditulis huruf besar dan m ditulis dengan huruf kecil)

c. Trinada Diminis
Dibentuk oleh nada dasar, tert minor (nilai jarak 1 1/2) dan Kwint Diminis (nilai jarak 3 bila dihitung dari nada dasar) --- 1 1/2 - 3 atau 1 1/2 - 1 1/2 (nilai jarak 1 1/2 yang terakir dihitung dari nada tert ke nada kwint).

d. Trinada Augment
Dibentuk oleh nada dasar, tert mayor (nilai jaraknya 2) dan Kwint Augment (nilai jaraknya 4 bila dihitung dari nada dasar)--- 2 - 4 atau 2 - 2 (nilai jarak 2 yang terakhir dihitung dari nada tert ke nada kwint.)

Contoh Soal 2:

- Trinada apakah C - Es - Ges ?
Untuk menjawabya anda harus menghitung nilai jarak C ke Es dan dari nada Es ke nada Ges. Nilai jarak C - Es adalah 1 1/2 dan nilai jarak Es ke Ges adalah 1 1/2 (Es - F = 1, F - Ges = 1/2)
Jadi nilai jaraknya 1 1/2 - 1 1/2
Jadi trinada C - Es - G adalah trinada Diminis. Karena nada dasarnya C, maka nama trinadanya adalah C diminis atau C dim (C ditulis denga huruf besar dan dim ditulis dengan huruf kecil)

- Trinada apakah C - E - Gis ?
Untuk menjawabnya anda juga harus menghitung nilai jarak C - E dan dari nada E ke Gis. Nilai jarak C - E adalah 2 dan E - Gis adalah 2 ( E - F = 1/2, dan F - Gis = 1 1/2)
Jadi nilai jaraknya adalah 2 - 2
Jadi trinada C - E - Gis adalah trinada Augment. Karena nada dasarnya C, maka nama trinadanya adalah C Augment/C Aug (C ditulis dengan huruf besar Aug, A ditulis dengan huruf besar)

Dengan menghitung nilai jarak sendiri anda akan dapat mencari sendiri trinada apa saja. Anda tidak akan mengalami kesulitan meskipun nada-nadanya diakhiri dengan is (dinaikkan 1/2 laras) atau es (diturunkan 1/2 laras). Anda tidah harus menghafal akord-akord pada alat musik, baik yang berupa keyboard (Piano, Organ, El. Keyboard) maupun alat musik yang lain seperti gitar, atau bahkan kemana-mana membawa buku yang berisi gambar-gambar tuts keyboard yang menggambarkan posisi akord.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu "Aku Menyanyi"