Posts

Showing posts from November 4, 2012

Lirik Lagu "Buah Ara" lagu daerah Kutai Kalimantan Timur

Buah ara masaknya habang Jatuh ke tanah beleleh-leleh Kulihat adek bajunya habang Menjurit nyerimut gerece’ Jatuh ke tanah beleleh-leleh Datang kode mengalainya Menjurit nyerimut gerece’ Karam hati nyawa dipolahnya Dapatkah hai adek ku betanya Oh adek sapakah nama kita Adakah hati kita berempu Bedak leh belumankah poleknya Aduh rasa bungah hatiku Belum pelok adek berempu Kapai hati nyawa merindu Julak dulu mandik kutahu

Lirik dan Kord :So Far Away (Avenged Sevenfold)

Em Never been for anything Em Never chained but never free  G                D I lied to heal the broken love     Bm          C   With all that it could Em Live the life so endlessly Em Saw beyond what others see  G                  D I tried to heal your broken heart     Bm         C With all that I could C Will you stay D Will you stay away forever? Em                        G How do I live without the ones I love? Am                                Em         D Time still turns the pages of the book, it's burnt Em                  G Facing times always on my mind  Am                                C    D I have so much to say but you're so far away Em Means a war of futures hold Em Foolish lies of grown and old    G              D And seems we're so invincible    Bm          C The truth is so cold Em A final song, a last request Em A perfect chapter laid to rest G              D Now and then I try to find    Bm          C

Lirik Lagu: Pagi Indah

Dengan ceria kusambut pagi Menyapa sang Matahari Hangat sinarmu segar badanku Memberi semangat baru Burung berkicau bercanda ria Menyapa indahnya pagi Hati bahagia turut bernyanyi Berseri bagai embun pagi Lalala lalalala Bergembira berdendang bersama Bunga nan indah berwarna warni Indahnya alam semeste Betapa agung Karyamu Tuhan Membuat hatiku bahagia

Lirik Lagu: Aku Gembira

Aku Gembira aku bahagia Aku bangga jadi anak Indonesia Tanah airku Cantik dan subur Aku cinta dan setia sepanjang umur Indah bhineka budaya bangsa Utuh bersatu di alam pancasila Aku gembira jadi pewaris Dan penerus pembangunan Indonesia Aku gembira aku bahagia Aku bangga jadi anak Indonesia

KONSEP DAN PENTINGNYA PENDIDIKAN SENI MUSIK

1.    Pendidikan seni musik merupakan pendidikan yang memberikan kemampuan mengekspresikan dan mengapresiasikan seni secara kreatif untuk pengembangan kepribadian siswa dan memberikan sikap-sikap atau emosional yang seimbang. Seni musik membentuk disiplin, toleran, sosialisasi, sikap demokrasi yang meliputi kepekaan terhadap lingkungan. Dengan kata lain pendidikan seni musik merupakan mata pelajaran yang memegang peranan penting untuk membantu pengembangan individu siswa yang nantinya akan berdampak pada pertumbuhan akal, fikiran, sosialisasi, dan emosional. 2.              Pendidikan seni musik merupakan suatu proses pendidikan yang membantu pengungkapan ide/gagasan seseorang yang ditimbulkan dari gejala lingkungan dengan mempergunakan unsur-unsur musik, sehingga terbentuknya suatu karya musik yang tidak terlepas dari rasa keindahan. 3.         Pendidikan seni musik lebih menekankan pada pemberian pengalaman seni musik, yang nantinya akan melahirkan kemampuan untuk memanfaat

Prinsip Pengembangan Silabus

Untuk menjaga keberagaman pengembangan silabus berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan berikut : Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Relevan Kesesuaian antara ruang lingkup, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dengan karakteristik peserta didik, yakni tingkat perkembangan intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik. Kesesuaian kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat pemakai lulusan Kesesuaian dengan jenjang pendidikan di atasnya sehingga ada kesinambungan Kesesuaian antar komponen dalam silabus Fleksibel Guru sebagai pelaksana silabus, tidak harus terpancang pada silabus tetapi masih ada kemungkinan melakukan modifikasi untuk mengakomodasi ide baru, situasi dan kondisi yang tidak diperhitun

PANDUAN PENYUSUNAN RPP BERKARAKTER

PANDUAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Pendahuluan Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mencantumkan identitas Nama sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alo

TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI

      Sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, materi pembelajaran juga dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi pembelajaran atau dimensi pengetahuan secara terperinci dibagi menjadi empat jenis, yaitu: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)                         Perbedaan taksonomi Bloom yang lama dengan yang baru: (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001) Taksonomi Boom lama C1 (Pengetahuan) C2 (Pemahaman) C3 (Aplikasi) C4 (Analisis) C5 (Sintesis) C6 (Evaluasi) Taksonomi Boom revisi C1 (Remember/ Mengingat) C2 (Understand/ Memahami) C3 (Apply / Mengaplikasikan) C4 (Analyze / Menganalisis) C5 (Evaluate / Mengevaluasi) C6 (Create / Mencipta) Dimensi Proses Kognitif: C.1. Mengingat (Remem

Konsep Pembelajaran Seni Budaya di SMP/MTs

56. Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) A.  Latar Belakang Muatan seni budaya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.  Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pel