Ansambel Campuran Untuk Siswa SD (Sekolah Dasar)

Ansambel Campuran adalah: Permainan musik lebih dari seorang pemain musik dengan lebih dari satu jenis alat musik.
Misalnya, dua orang memainkan sebuah lagu dengan menggunakan gitar dan piano, 5 orang memainkan sebuah lagu dengan 3 alat musik yang berbeda seperti pianika, rekorder dan gitar. Contoh yang lainnya,10 orang memainkan sebuah lagu dengan 2 alat musik yang berbeda, 5 orang bermain rekorder, dan 5 orang lagi bermain pianika.

Contoh ansambel jenis ini adalah: Band, Orkestra, Marching Band, Musik Keroncong, Gamelan dan sebagainya.

Dalam permainan sederhana ansambel ini terdiri dari 2 alat musik saja, misalnya
1. Pianika
2. Rekorder
Di Sekolah Dasar ansambel sederhana ini dapat di ajarkan di kelas V dan VI. Di kelas ini anak sudah mengenal jenis ansambel yaitu ansambel ritmis (kelas IV) dan ansambel sejenis Kelas IV. Dengan berbekal pengalaman itu siswa kelas ini ( V dan VI ) tidak mengalami kesulitan untuk mempelajarinya, dengan catatan di kelas sebelumnya materi tersebut diajarkan, serta aransemennya disesuaikan dengan skill bermain musik anak seusianya.

Berikut ini contoh ansambel campuran yang dimainkan oleh siswa-siswi dari kelas VI A SD 1 Yayasan Pupuk Kaltim Bontang yang memainkan lagu "O Inani Keke".
Lagu dimainkan dalam 3 suara, yitu pianika 1, pianika 2 dan rekorder. Kedua lagu daransir oleh gurunya sendiri yaitu Penulis (Drawan Kabul Priyono, Spd.)Dimainkan di ruang kelasnya pada jam pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan.

Bagi Bapak/Ibu guru terutama pengajar di SD, saya berharap Ansambel ini baik yang sejenis maupun ansambel campuran dapat diajarkan di sekolah. Cari dan olah materi sesederhana mungkin agar tujuan dari bermain ansambel ini tercapai. Tujuan utamanya bagaimana siswa dapat memperoleh sesuatu dari bermain ansambel ini, misalnya dengan kerjasama, toleransi dengan temannya, menghargai temannya, berlatih kepemimpinan, disiplin, tanggung jawab, melatih kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Janganlah anak pandai/pintar bermain musik menjadi tujuan utama, karena kalau itu yang menjadi tujuan utamananya saya yakin akan banyak siswa Bapak/Ibu yang stres karena terbebani oleh materi yang Bapak/Ibu berikan. Mengingat siswa di sekolah umum sangat beragam kemampuan dan minatnya terhadap mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan.



Comments

  1. sangat bagus sekali.. boleh minta nada untuk masing - masing alat musiknya nggak pak???

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu "Aku Menyanyi"