TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI





      Sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, materi pembelajaran juga dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi pembelajaran atau dimensi pengetahuan secara terperinci dibagi menjadi empat jenis, yaitu: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
           
            Perbedaan taksonomi Bloom yang lama dengan yang baru:
(Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
Taksonomi Boom lama
C1
(Pengetahuan)
C2
(Pemahaman)
C3
(Aplikasi)
C4
(Analisis)
C5
(Sintesis)
C6
(Evaluasi)
Taksonomi Boom revisi
C1
(Remember/
Mengingat)
C2
(Understand/
Memahami)
C3
(Apply
/ Mengaplikasikan)
C4
(Analyze
/ Menganalisis)
C5
(Evaluate
/ Mengevaluasi)
C6
(Create
/ Mencipta)

Dimensi Proses Kognitif:
C.1. Mengingat (Remember)
a. Mengenali (recognizing)
b.  Mengingat (recalling)
C.2. Memahami (Understand)
a. Menafsirkan (interpreting)
b.  Memberi contoh (exampliying)
c.   Meringkas (summarizing)
d.  Menarik inferensi (inferring)
e.  Membandingkan (compairing)
f.   Menjelaskan (explaining)
C.3. Mengaplikasikan (Apply)
a.  Menjalankan (executing)
b.  Mengimplementasikan (implementing)
C.4. Menganalisis (Analyze)
a.   Menguraikan (diffrentiating)
b.   Mengorganisir (organizing)
c.   Menemukan makna tersirat (attributing)
C.5. Evaluasi (Evaluate)
a.    Memeriksa (checking)
b.    Mengritik (Critiquing)
C.6. Membuat Create)
a.    Merumuskan (generating)
b.    Merencanakan (planning)
c.    Memproduksi (producing)

Dimensi Pengetahuan
1. Pengetahuan faktual (Factual knowledge):
a.    Pengetahuan terminologi (knowledge of terminology.
b.    Pengetahuan detail dan unsur-unsur (kejadian, subyek, waktu, detail tertentu)
2. Pengetahuan konseptual (conceptual knowledge)
a.    Pengetahuan klasifikasi dan kategori (knowledge of classification and categories).
b.    Pengetahuan prinsip dan generalisasi (knowledge of principles and
       generalization)
c.    Pengetahuan teori, model, dan struktur (knowledge of theories, models, and structures)
3. Pengetahuan prosedural (procedural knowledge)
a.    Pengetahuan tentang keterampilan bidang tertentu dan algoritma
       (knowledge of subject specific skills and algorithms).
b.    Pengetahuan tentang teknik dan metode pada bidang tertentu (knowledge of subject specific techniques and methods)
c.    Pengetahuan kriteria penggunaan prosedur secara tepat (knowledge of criteria for determining when to use appropriate procedures )
4. Pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge)
a.    Pengetahuan strategi (strategic knowledge).
b.    Pengetahuan tugas kognitif, termasuk pengetahuan konteks dan kondisi (knowledge about cognitive task, including contextual and conditional knowledge)
c.    Pengetahuan tentang diri sendiri (self-knowledge)

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu "Aku Menyanyi"