Konsep Pembelajaran Seni Budaya di SMP/MTs
56. Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah
Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar
Belakang
Muatan
seni budaya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran
karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek
budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada
dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan
Seni Budaya dan Keterampilan diberikan
di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap
kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman
estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,”
“belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat
diberikan oleh mata pelajaran lain.
Pendidikan Seni Budaya memiliki sifat
multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan
mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti
bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan
beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis,
evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan
cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika.
Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan
kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap
demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam
masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki
peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan
memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal,
linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas,
kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
Bidang
seni rupa, musik, tari, dan teater memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan
kaidah keilmuan masing-masing. Dalam
pendidikan seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut
yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan
kreasi. Semua ini diperoleh melalui
upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks
budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni
Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2.
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3.
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional,
maupun global.
C. Ruang
Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
- Seni
rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan
karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni
musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat
musik, apresiasi karya musik
- Seni
tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa
rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni teater,
mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni
musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan,
minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia
serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran
lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih
bidang seni yang akan diikutinya.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya
seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
||
2.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
2.2
|
Merancang karya
seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
||
2.3
|
Membuat karya
seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu daerah setempat
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen karya lagu daerah setempat
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal daerah setempat
|
5.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni tari tunggal daerah setempat
|
||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat
|
6.2
|
Memeragakan tari
tunggal daerah setempat
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater daerah setempat
|
||
8.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
8.2
|
Merancang
pertunjukan teater daerah setempat
|
||
8.3
|
Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater
|
Keterangan:
Seni
rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi
praktis meliputi desain, dan seni kriya.
Kelas
VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
||||
9.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
|
9.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
|||
10.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
10.2
|
Membuat karya
seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
|
|||
10.3
|
Menyiapkan karya
seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
|||
10.4
|
Menata karya
seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
|||
Seni Musik
|
||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi ragam musik
daerah setempat
|
|
11.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni musik daerah setempat
|
|||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
daerah setempat
|
|
12.2
|
Menyajikan karya
seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
|||
Seni Tari
|
||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok daerah setempat
|
|
13.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
|
|||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari berpasangan/
kelompok daerah setempat
|
|
14.2
|
Memeragakan tari
tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah
setempat
|
|||
Seni Teater
|
||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
|
15.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater daerah setempat
|
|||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
|
16.2
|
Merancang
pertunjukan teater daerah setempat
|
|||
16.3
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
|||
16.4
|
Menyiapkan
pertunjukan teater daerah setempat di
sekolah
|
|||
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
daerah setempat di sekolah
|
|||
Kelas
VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
1.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan Nusantara
|
||
2.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Merancang karya
seni kriya tekstil dengan teknik dan
corak seni rupa terapan Nusantara
|
2.2
|
Membuat karya
seni kriya tekstil dengan teknik dan
corak seni rupa terapan Nusantara
|
||
2.3
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni lukis/gambar
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu Nusantara
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir
secara sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal Nusantara
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara
|
||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari tunggal Nusantara
|
6.2
|
Memeragakan tari
tunggal Nusantara
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater Nusantara
|
||
8.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
8.2
|
Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
||
8.3
|
Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater
|
||
8.4
|
Menggelar
pertunjukan teater Nusantara
|
Keterangan
Teater
Nusantara: Teater yang tumbuh dan berkembang di
wilayah Nusantara.
Kelas
VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|||||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
||||
9.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik karya seni rupa terapan Nusantara
|
||||||
10.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
||||
10.2
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni grafis
|
||||||
10.3
|
Menyiapkan karya
seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
||||||
10.4
|
Menata karya
seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
||||||
Seni Musik
|
|||||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik tradisional Nusantara
|
||||
11.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni
musik tradisional Nusantara
|
||||||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir
secara sederhana lagu tradisi Nusantara
|
||||
12.2
|
Menyiapkan seni
musik tradisional Nusantara untuk
disajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
|
||||||
12.3
|
Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara secara perseorangan dan berkelompok di
kelas atau sekolah
|
||||||
Seni Tari
|
|||||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
13.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni
tari berpasangan Nusantara
|
||||||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
14.2
|
Menyiapkan pementasan
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||||
14.3
|
Mementaskan tari
berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||||
Seni Teater
|
|||||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
||||
15.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
||||||
16.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
||||
16.2
|
Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
||||||
16.3
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
||||||
16.4
|
Menyiapkan
pertunjukan teater Nusantara di sekolah
|
||||||
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
Nusantara di sekolah
|
||||||
Kelas
IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi
seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
|
1.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah
setempat
|
||
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Memilih unsur
seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu mancanegara di Asia
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara di Asia
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari Mancanegara di Asia
|
5.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
|
||
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari Nusantara
|
6.2
|
Menampilkan tari
kreasi berdasarkan tari Nusantara
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional dan
modern mancanegara di Asia
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater mancanegara di Asia
|
||
8.
|
Mengekspresikan karya seni teater
|
8.1
|
Merancang
pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat,
Nusantara, dan mancanegara di Asia
|
8.2
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
Keterangan
Teater
Kreatif: Teater yang dikembangkan berdasarkan
gagasan baru yang tidak mengikuti begitu saja teater yang sudah mentradisi.
Kelas
IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|||||||
9.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi
karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia
|
||||
9.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
|
||||||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
||||
10.2
|
Menyiapkan karya
seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
|
||||||
10.3
|
Menata karya
seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar
sekolah.
|
||||||
Seni Musik
|
|||||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik mancanegara di luar Asia
|
||||
11.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni musik mancanegara di luar Asia
|
||||||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara
|
||||
12.2
|
Menyiapkan karya
seni musik mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di
kelas atau di sekolah
|
||||||
12.3
|
Menampilkan
karya seni musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas
atau di sekolah
|
||||||
Seni Tari
|
|||||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||
13.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||||
14.
|
Mengekspresikan
diri melalui seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
|
||||
14.2
|
Menciptakan tari
kreasi berdasarkan tari mancanegara di
luar Asia
|
||||||
14.3
|
Menyiapkan
pertunjukan tari di sekolah
|
||||||
14.4
|
Menggelar pertunjukan tari di sekolah
|
||||||
Seni Teater
|
|||||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional
dan modern mancanegara di luar Asia
|
||||
15.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia
|
||||||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Merancang
pertunjukan teater kreatif dengan
mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar
Asia
|
||||
16.2
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
||||||
16.3
|
Menyiapkan
pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
|
||||||
16.4
|
Menggelar pertunjukan
karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah
|
||||||
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Comments
Post a Comment