TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI
Sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, materi
pembelajaran juga dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik. Materi pembelajaran atau dimensi pengetahuan secara terperinci
dibagi menjadi empat jenis, yaitu: faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif. (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
Perbedaan taksonomi
Bloom yang lama dengan yang baru:
(Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
Taksonomi Boom lama
|
C1
(Pengetahuan)
|
C2
(Pemahaman)
|
C3
(Aplikasi)
|
C4
(Analisis)
|
C5
(Sintesis)
|
C6
(Evaluasi)
|
Taksonomi Boom revisi
|
C1
(Remember/
Mengingat)
|
C2
(Understand/
Memahami)
|
C3
(Apply
/ Mengaplikasikan)
|
C4
(Analyze
/ Menganalisis)
|
C5
(Evaluate
/ Mengevaluasi)
|
C6
(Create
/ Mencipta)
|
Dimensi Proses Kognitif:
C.1. Mengingat (Remember)
a.
Mengenali (recognizing)
b. Mengingat (recalling)
C.2. Memahami (Understand)
a.
Menafsirkan (interpreting)
b. Memberi contoh (exampliying)
c. Meringkas (summarizing)
d. Menarik inferensi (inferring)
e. Membandingkan (compairing)
f. Menjelaskan (explaining)
C.3. Mengaplikasikan (Apply)
a. Menjalankan (executing)
b. Mengimplementasikan (implementing)
C.4. Menganalisis (Analyze)
a. Menguraikan (diffrentiating)
b. Mengorganisir (organizing)
c. Menemukan makna tersirat (attributing)
C.5. Evaluasi (Evaluate)
a. Memeriksa (checking)
b. Mengritik (Critiquing)
C.6. Membuat Create)
a. Merumuskan (generating)
b. Merencanakan (planning)
c. Memproduksi (producing)
Dimensi Pengetahuan
1. Pengetahuan faktual (Factual knowledge):
a.
Pengetahuan terminologi (knowledge of
terminology.
b.
Pengetahuan detail dan unsur-unsur
(kejadian, subyek, waktu, detail tertentu)
2. Pengetahuan konseptual (conceptual knowledge)
a.
Pengetahuan klasifikasi dan kategori (knowledge
of classification and categories).
b.
Pengetahuan prinsip dan generalisasi
(knowledge of principles and
generalization)
c.
Pengetahuan teori, model, dan struktur
(knowledge of theories, models, and structures)
3. Pengetahuan prosedural (procedural knowledge)
a.
Pengetahuan tentang keterampilan bidang
tertentu dan algoritma
(knowledge of subject specific skills and
algorithms).
b.
Pengetahuan tentang teknik dan metode
pada bidang tertentu (knowledge of subject specific techniques and methods)
c.
Pengetahuan kriteria penggunaan
prosedur secara tepat (knowledge of criteria for determining when to use
appropriate procedures )
4. Pengetahuan metakognitif (metacognitive
knowledge)
a.
Pengetahuan strategi (strategic
knowledge).
b.
Pengetahuan tugas kognitif, termasuk
pengetahuan konteks dan kondisi (knowledge about cognitive task, including
contextual and conditional knowledge)
c.
Pengetahuan tentang diri sendiri
(self-knowledge)
Comments
Post a Comment