Prinsip Pengembangan Silabus
Untuk menjaga keberagaman pengembangan silabus berada
dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip
pengembangan berikut :
Ilmiah
- Keseluruhan
materi dan kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam silabus harus benar, logis dan dapat
dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
Relevan
- Kesesuaian
antara ruang lingkup, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian
dengan karakteristik peserta didik, yakni tingkat perkembangan
intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.
- Kesesuaian
kebutuhan dan tuntutan kehidupan masyarakat pemakai lulusan
- Kesesuaian
dengan jenjang pendidikan di atasnya sehingga ada kesinambungan
- Kesesuaian
antar komponen dalam silabus
Fleksibel
- Guru sebagai pelaksana silabus,
tidak harus terpancang pada silabus tetapi masih ada kemungkinan melakukan
modifikasi untuk mengakomodasi ide baru, situasi dan kondisi yang tidak
diperhitungkan sebelumnya ketika pembelajaran sedang
berlangsung
Berkesinambungan
- Silabus
memiliki keterkaitan satu sama lain dalam membentuk kompetensi dan pribadi
peserta didik.
- Silabus
harus berkesinambungan dengan jenjang pendidikan di atasnya
- Silabus
harus berkesinambungan dengan silabus lain yang sejenisihan Tim Sekolah
Konsisten
- Adanya
hubungan yang konsisten (ajeg) antar komponen dalam silabus dalam
membentuk dan mencapai kompetensi tertentu yang harus dimiliki peserta
didik.
Memadai
- Ruang
lingkup indikator, materi standar, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian yang dilaksanakan dapat
membantu peserta didik mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.
- Sarana
dan prasarana yang tersedia dapat mendukung ketercapaian kompetensi dasar
yang telah ditetapkan.
Aktual dan Kontekstual
- Semua
komponen utama yang dijabarkan dalam silabus dikembangkan dengan
mempertimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni mutakhir dalam
kehidupan nyata, serta memuat berbagai peristiwa yang sedang berlangsung
dan terjadi di masyarakat.
Efektif
- Pengembangan
silabus harus mempertimbangkan keterlaksanaannya dalam proses pembelajaran
dan tingkat ketercapaian kompetensi sesuai dengan standar kompetensi yang
telah ditetapkan.
- Pengembangan
silabus perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi di kelas sehingga
kendala yang mungklin terjadi selama proses pembelajaran dapat
diantisipasi.
Efisien
- Dalam
pengembangan silabus dan menyusun perencanaan pembelajaran, setiap guru
perlu mengupayakan penghematan dan memperkecil penggunaan dana, daya dan
waktu tanpa mengurangi hasil dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
Comments
Post a Comment