HERBAL KALTIM "Akar pohon Pinang" sebagai obat sakit pinggang

Ada beberapa jenis akar yang digunakan untuk mengobati sakit pinggang, antara lain, akar pinang atau akar kelapa dan akar bunga sepatu. Caranya, akar yang muda dibersihkan lalu direbus. Setelah dingin, air rebusan diminum.
Selain akar, dedaunan tertentu juga dapat menjadi obat sakit pinggang, di antaranya adalah daun tapak kuda, daun kumis kucing, daun kaca beling, dan daun uro kaming.
Caranya, daun yang sudah dicuci diseduh dengan air dan air seduhan diminum. Khusus kumis kucing dan kaca beling, daun diremas-remas terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas; bisa juga direbus sampai mendidih, lalu air rebusan didinginkan dan diminum.
Daun uro’ uit dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang dan salah urat perut. Caranya, daun dibersihkan lalu diseduh dengan air panas dan diminum. Adapun daun udutebejak digunakan untuk anggota tubuh yang bengkak atau keseleo. Caranya, daun dipanggang sampai hampir layu lalu dilingkarkan pada bagian tubuh yang bengkak atau keseleo.
Sedangkan seremplukan dan kayu kemudi patah digunakan untuk pengobatan patah tulang. Caranya, daun seremplukan dibungkus dengan daun pisang lalu dipanaskan di atas tungku, tetapi tidak boleh dibolak-balik. Setelah itu daun diikatkan ke bagian tubuh yang mengalami patah tulang. Untuk pengikat digunakan daun bekukang yang dipanaskan terlebih dulu di atas bara api.

Ramuan lainnya adalah 7 batang serai dipotong daun dan akarnya. Setelah itu dibersihkan dan ditumbuk dalam lesung atau cobek  hingga lunak. Kemudian dibalutkan pada bagian tulang yang patah dan dilapisi dengan kain pembalut di bagian luarnya. Ramuan obat dibuat setiap hari menjelang pengobatan dan hanya untuk sekali pemakaian.

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu "Aku Menyanyi"